Sabtu, 06 November 2010

ELASTISITAS

Pengertian Elastisitas

Secara sederhana elastisitas mengukur prosentase perubahan suatu variabel sebagai akibat adanya perubahan variabel lain. Dengan kata lain elastisitas adalah suatu pengertian yang menggambarkan derajat kepekaan perubahan suatu variabel sebagai akibat adanya perubahan variabel lain, dimana pengukurannya menggunakan prosentase agar perbedaan satuan dapat dihilangkan. Elastisitas disimbolkan dengan tanda huruf romawi atau eta. Namun dalam buku ini simbol elastisitas ditulis dengan huruf E.

Jenis – jenis elastisitas

Besaran elastisitas dapat dibedakan dalm 5 kategori dan bervariasi dari nol sampai tak terhingga.

1. Inelastis sempurna adalah besaran elastisitas ini adalah 0. bentuk kurva permintaanya vertikal. Pada keadaan ini orang atau konsumen tidak akan merubah permintaannya pada tingkat harga berapapun.
2. Inelastis. Besaran elastisitas ini adalah <1. bentuk kurva permintaannya garis lurus yang curam. Pada keadaan ini apabila ada kenaikan harga, perubahan barang yang diminta hanya sedikit. 3. Elastis Unitary. Besaran elastisitas ini adalah 1. bentuk kurva permintaannya adalah garis lurus dimana masing memotong sumbu 45%. Pada keadaan ini jumlah barang yang diminta berubah dengan prosentase yang sama dengan perubahan harga. 4. Elastis. Besaran elastisitas adalah >1. bentuk kurva permintaannya agak mendatar. Pada keadaan ini perubahan harga sedikit saja akanmenyebabkan jumlah yang diminta berubah banyak.
5. Elastisitas tak terhingga (infinite price elaticity). Besaran elastisitas ini adalah ~. Bentuk kurva permintaannya horisontal. Pada keadaan ini bila terjadi kenaikan harga sedikit saja dari bharga mula-mula, maka jumlah yang diminta akan turun ketingkat 0. dan sebaliknya bila harga sedikit saja, maka permintaan akan naik sampai tak terhingga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar