Sabtu, 30 Oktober 2010

definisi kewirausahaa dan kewiraswastaan

Definisi kewirausahaan

  1. Seseorang yang mampu memulai dan menjalankan usaha.
  2. Orang yang mampu melakukan koordinasi, organisasi, dan penawasan.
  3. Orang yang mendobrak system ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru,dengan menciptakan bentuk organisasi baruatau mengolah bahan baku baru.
  4. Suatu kegiatan yang dapat memberikan nilai tambah terhadap produk atau jasa melalui transformasi kreativitas, inovasi, dan kepekaan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga produk atau jasa tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pengguna produk dan jasa.
  5. Orang yang berani menagguna resiko atas bisnis ia tekuni, orang tersebut juga melihat bahwa terdapat suatu peluang luar biasa dalam suatu bidang.
  6. Seseorang yang mengorganisir, memenej, dan menanggung resiko sebuah bisnis atau usaha.
  7. Perilaku berpikir strategis dan penggambilan resiko dilakukan untuk penciptaan peluang baru yang dilakukan oleh individu maupun organisasi.
  8. Seseorang yang memiliki kecakapan tinggi dalam melakukan perubahan, memiliki karakteristik yang hanya ditemukan sangat sedikit dalam sebuah populasi.
  9. Kesatuan terpadu dari semangat, nilai-nilai dan prinsip serta sikap, kuat, dan seni dan tindakan nyata yang sangat perlu, tepat dan unggul dalam menangani dan menggembangkan perusahaan atau kegiatan lain yang mengarah pada pelayanan terbaik kepada pelangganan  dan pihak-pihak lain yang berkepentingan termasuk masyarakat, bangsa dan negara.



Definisi wiraswasta

  1. Kemampuan untuk menciptakan pekerjaan sendiri.
  2. Keberanian, keutamaan, atau keperkasaan dalam berusaha dengan bersandar pada kekuatan sendiri.
3. Memindahkan sumber daya ekonomi dari kawasan produktifitas  ke kawasan produktifitas tinggi dan hasil yang besar.
  1. Orang yang berani memutuskan untuk berani bersikap, berpikir dan betindak secara mandiri, mencari nafkah dan berkarir dan jalam berusaha diatas kemampuan sendiri.
  2. Seseorang yang berani dan layak menjadi teladan dalam bidang usaha dengan landasan berdiri diatas kaki sendiri.
  3. Seseorang yang memiliki dorongan untuk menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan, disertai modal dan resiko, serta menerima balas jasa dan kepuasaan serta kebebasan pribadi  atas usahanya tersebut.




PERBEDAAN WIRAUSAHA DAN WIRASWASTA

    • Biasanya kedua istilah tersebut digunakan dengan maksud sama. Tapi, jika disimak dari arti katanya ada sedikit perbedaan. Jika dilihat pada definisi wiraswasta diatas, jelas bawha wiraswasta merupakan suatu sikap mental yang berani berdiri diatas kekuatan sendiri. Sikap ini biasa digunakan bagi seorang karyawan yang bekerja ‘ikut orang’ atau bbagi yang punya usaha sendiri. Sedangkan wirausaha merupakan suatu bentuk usaha sendiri. Artinya, orang yang berwirausaha pasti bekerja sendiri, bukan bekerja pada orang lain.
    • Didalam banyak literatur, antara istilah wiraswasta dan wirausaha sering berganti tempat alias artinya di anggap sama.
    • Sebaguian ahli membedakan kedua istilah tersebut, tetapi perbedaan itu dinilai tidaklah terlalu signifikan.
    • Didalam kamus besar bahasa indonesia kedua istilah tersebut tidak dibedakan artinya atau dianggap sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar