Sabtu, 30 Oktober 2010

bentuk umum basic

BENTUK PERULANGAN

Dalam visual basic terdapat beberapa macam struktur kondisi perulangan, diantaranya do loop dan for next. Untuk lebih jelasnya, berikutnya adalah macam-macam bentuk perulangan dalam visual basic.

A. Do while loop

Kata while dalam pernyataan do while merintahkan program untuk melakukan perulangan apabila kondisi persyaratan masih bernilai true. Apabila kondisi persyaratan bernilai false maka program akan keluar dari perulangan dan berpindah ke kode program berikutnya.

B. Do until

Pada dasarnya perulangan do until sama dengan perulangan do while yang membedakannya adalah pada perulangan do while perulangan akan terus berjalan selama kondisi bernilai true dan akan berhenti jika kondisi bernilai false sedangkan pada perulangan do until perulangan akan terus berjalan apabila kondisi salah dan akan berhenti jika kondisi bernilai true.

C. While wend

Perulangan while digunakan apabila kita ingin pernyataan pada program dijalankan selama ekspresi yang ditetapkan masih bernilai true.

D. For next

Perulangan for next digunakan melakukan perulangan dengan jumlah tertentu yang kita kehendaki. Kita harus mendeklarasikan sebuah variabel yang akan digunakan sebagai indeks untuk perulangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar